10 Tips Membuka Cabang Usaha Baru

Tips Membuka Cabang Usaha Baru

10 Tips Membuka Cabang Usaha Baru – Ketika usaha yang kamu jalani memperoleh kesuksesan, kamu sebagai pengusaha pasti ingin usaha-usaha menjadi lebih luas lagi. Salah satu caranya dengan membuka cabang usaha baru. Satu bulan lagi sudah pergantian tahun, apakah kamu ingin melakukan perluasan usaha kamu di wilayah lain?

Sebenarnya ada dua alasan para pengusaha membuka cabang usaha baru. Alasan yang pertama adalah meningkatnya jumlah konsumen yang menyebabkan menumpuknya permintaan di satu cabang. Maka dari itu, salah satu solusinya perlu membuka cabang baru untuk memecah penumpukan tersebut dan mampu menjangkau lebih banyak konsumen.

Untuk alasan yang kedua adalah untuk meningkatkan omzet penjualan. Cara ini bisa kamu lakukan bila usaha yang kamu jalani mendapatkan respon yang baik dan ingin membuka cabang usaha baru dengan harapan mendapatkan hasil yang lebih.

Untuk kamu yang ingin melakukan perluasan cabang usahamu, Berikut ini 10 tips bisnis dalam membuka cabang baru yang akan bermanfaat untuk kemajuan usahamu.

1. Membuat rencana usaha

Segala hal tentunya membutuhkan rencana yang matang dan untuk usaha pun juga begitu.
Kamu harus memikirkan kemungkinan apa saja yang kan terjadi kedepannya pada usahamu.

2. Menyiapkan modal

Membuka cabang usaha baru bisa dikatakan hampir sama seperti membuka usaha untuk pertama kalinya. Modal yang kamu siapkan ini untuk keperluan sewa tempat, inventaris, promosi, menggaji karyawan dan lain-lain. Jangan sampai pembukaan cabang baru mengganggu usaha utama.

3. Melakukan riset pasar

Melakukan riset pasar sangat penting agar modal yang kamu keluarkan tidak sia-sia. Riset pasar ini bisa mencakup lokasi, akses yang mudah dijangkau konsumen, dan target pasar yang sesuai. Hal ini tentunya saling berhubungan satu sama lain. Maka sebaiknya kamu memilih lokasi yang mempunyai prospek yang bagus untuk usahamu di masa depan.

4. Menyiapkan SDM yang kompeten

Jika kamu ingin merekrut SDM baru, sebaiknya kamu membuka perekrutan dan pelatihan karyawan, supaya kegiatan operasional di cabang usaha baru dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan SOP (Standard Operating Procedure).

5. Perhatikan sumber bahan baku usahamu

Keuntungan usahamu juga akan dipengaruhi oleh pasokan bahan baku. Kemungkinan kenaikan harga bahan baku bisa saja terjadi. Sebaiknya carilah distributor bahan baku yang dekat dengan usaha barumu. Hal ini untuk mempermudah distribusi dan menekan cost. Kamu juga bisa kalkulasikan ulang harga produk yang akan dijual di cabang usaha barumu, sehingga kamu bisa menemukan harga yang pas jika terdapat kemungkinan terburuk harga bahan baku naik.

6. Strategi promosi yang tepat

Tips usaha jitu dalam membuka usaha baru lainnya adalah menerapkan strategi marketing yang tepat supaya usahamu tidak tertinggal dengan usaha orang lain. Misalnya saja kamu bisa menawarkan promo Buy 1 Get 1 dalam jangka waktu tertentu, ketika grand opening berlangsung. Cara ini bisa dikatakan cukup potensial untuk menarik banyak pelanggan untuk membeli produk yang kamu jual. Hal ini karena cabang usaha baru harus menjadi pusat perhatian masyarakat di sekitar lokasi tersebut.

7. Kelola keuangan dengan baik

Dalam sebuah usaha, keuangan merupakan hal yang krusial. Bila kamu tidak dapat mengelola keuangan usaha mu dengan baik, maka semua operasional usaha tidak bisa berjalan dengan lancar. Maka dari itu, di tiap cabang diperlukan laporan keuangan yang terpisah, supaya tidak terjadi kesulitan dalam membuat laporan usaha secara keseluruhan.
Itulah 10 tips usaha untuk membuka cabang usaha baru. Apakah kamu sudah bertekad bulat membuka cabang usaha baru di tahun baru nanti?

PAKET USAHA DTF A3 MINI
Paket Usaha DTF A3
PAKET USAHA STARUP APPAREL
Paket Usaha Apparel
PAKET USAHA 2020 EKONOMIS
Paket Usaha Ekonomis
PAKET USAHA SUBLIM GT
Paket Usaha Printing Jersey

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *