Home Blog 4 Masalah Saat Proses Sabon DTF

4 Masalah Saat Proses Sabon DTF

0
4 Masalah Saat Proses Sabon DTF
4 Masalah Saat Proses Sabon DTF

Masalah Saat Proses Sabon DTF  – Apapun jenis bisnis yang dijalani, tidak bisa dipungkiri akan selalu ada kendala yang muncul, baik secara teknis maupun secara ketidaksengajaan. Hal ini juga pasti dirasakan oleh para pengusaha sablon digital. Bisnis yang melibatkan mesin serta hal teknis yang cukup rumit pasti rentan mengalami kendala saat proses produksi berlangsung. Mulai dari kendala kecil hingga kendala besar pasti pernah ditemui oleh para pengusaha sablon digital, tak terkecuali metode sablon DTF.

Metode sablon yang cukup baru ini sama seperti metode pada umumnya, sering mengalami kendala kecil terutama pada bagian mesin print. Eits. Tapi tenang aja masalah yang muncul ternyata bisa loh diselesaikan sendiri. Kita cari tahu yuk masalah apa saja yang sering ditemukan dalam metode sablon DTF Dan bagaimana cara mengatasinya. Simak selengkapnya di artikel ini ya!

1. Print Error

Biasanya saat proses mencetak Pet Film Dtf sering terjadi error pada mesin. Hal ini biasanya terjadi karena ukuran file design yang tidak sesuai dengan lebar pet film, sehingga mesin DTF Akan membaca ada masalah pada keseluruhan proses print. Nah solusinya, kalian hanya perlu kembali mengecek x-margin Dari file design yang akan dicetak ya.

2. Hasil print bergaris

Permasalahan kedua yang seringkali terjadi saat proses sablon DTF adalah hasil cetak yang bergaris. Nah disarankan untuk mengecek nozzle terlebih dahulu sebelum memulai proses cetak, apabila hasilnya ber garis maka kalian bisa lakukan cleaning terlebih dahulu sampai hasilnya sempurna.

3. Tinta putih keluar dari desain

Permasalahan yang juga sering terjadi adalah tinta putih yang melebar atau keluar dari design, dengan kata lain hasil cetaknya tidak Presisi. Ada beberapa faktor penyebab hal ini terjadi, diantaranya Kalibrasi yang tidak tepat dan pet film Yang bergeser saat proses print berlangsung.

Solusinya, jika permasalahan terdapat pada Kalibrasi maka disarankan untuk melakukan Kalibrasi ulang. Sedangkan jika permasalahannya karena per film Yang bergeser, kemungkinan karena pet film Yang digunakan hanya memiliki single coating. Disarankan untuk menggunakan pet film Yang sudah memiliki double coating, sehingga mesin dapat mencengkram lebih kuat dan mencegah pergeseran saat proses print berlangsung.

4. Printer tersendat

Terakhir permasalahan yang sering muncul adalah printer yang berjalan agak tersendat. Kebanyakan orang berfikir bahwa hal ini merupakan kerusakan yang sangat fatal, namun ternyata hari ini biasanya disebabkan oleh kabel LAN Yang kondisinya sudah tidak baik. Kabel ini adalah bagian penting yang menghubungkan mesin dengan komputer yang digunakan, sehingga apabila kabel tersebut sudah tidak berfungsi dengan baik maka akan mempengaruhi jalannya mesin printer DTF kalian.


Nah itu dia empat masalah yang sering muncul saat proses sablon DTF nih. Ternyata solusinya cukup mudah kan dilakukan sendiri? Jadi tidak perlu khawatir jika kalian mengalami kendala yang disebutkan di atas tadi ya. Namun apabila kalian menemui kendala lain yang lebih besar, kalian bisa langsung menghubungi tim technical support Rhino Indonesia, karena setiap mesin Rhinotec sudah dilengkapi dengan garansi dan Teknikal support. Info lebih lanjut silahkan hubungi Rhinocare di pojok kanan bawah.

 

Exit mobile version